TARUNA STTD JADI RELAWAN PMI BERSIHKAN CITARUM

Kamis, 20 September 2018 11:09 am
Bagikan berita ini   
  


Dokumentasi oleh Taruna

Ada yang berbeda di sekitar kompleks waduk Jatiluhur sejak hari Senin, 17 September 2018.  Beberapa tenda berdiri, berpadu dengan spanduk-spanduk bernuansa merah. Di salah satu spanduk tertulis “72 Tahun PMI”. Tampak beberapa pemuda dan pemudi berseragam coklat susu dan berambut cepak sibuk berktifitas. Rupanya mereka adalah taruna-taruni Sekolah Tinggi Transportasi Darat. Mereka menjadi relawan di Temu Karya Relawan PMI tingkat nasional ke-6 yang dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 22 September 2018 di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Acara tersebut dibuka oleh menteri sosial Agus Gumiwang dan dimeriahkan oleh penampilan Drum Corps Gita Jata Wiratama dari STTD. Acara di ikuti oleh 34 kontingen yang merupakan perwakilan dari tiap provinsi di Indonesia. Acara tersebut juga diikuti oleh beberapa kontingen dari mancanegara.

Dalam kegiatan itu, ribuan relawan PMI dari berbagai latar belakang dan daerah, melakukan bakti sosial di kampung sekitar waduk Jatiluhur. Taruna-taruni STTD sendiri merupakan salah satu perwakilan dari Kementerian Perhubungan. Selain anggota Drumband, sejumlah 60 taruna-taruni STTD berpartisipasi menjadi relawan. Kegiatan sosial yang dilakukan berupa donor darah, penanaman pohon, pembuatan biopori, pembersihan saluran air, pembangunan MCK, toilet dan bak sampah serta kerja bakti membersihkan sungai Citarum.

Dokumentasi Oleh Taruna @sttd_fams

Pembersihan sungai Citarum dilakukan pada tanggal 19 September pagi hari kemarin. Para taruna STTD maupun kontingen dari wilayah lain membersihkan sampah-sampah yang menumpuk di tepi sungai. Tidak hanya itu, mereka juga menggunakan perahu karet untuk menjangkau sampah-sampah yang terapung di sungai.

Dokumentasi oleh Taruna

Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk meningkatkan karakter kepalangmerahan, kualitas dan kepemimpinan palang merah Indonesia untuk mendukung kapasitas organisasi dan pelayanan kepada masyarakat secara professional. Selain itu, kegiatan tersebut juga merekatkan persatuan antar relawan PMI se- Indonesia sekaligus mendekatkannya kepada masyarakat.

“Mengikuti even ini membuat kita semakin dekat dengan masyarakat dan menambah wawasan saling bertukar ilmu antar relawan PMI dari berbagai wilayah” ungkap Eman, salahsatu perwakilan dari kontingen Jawa Barat.

Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi kegiatan rutin tahunan yang selain meningkatkan keakraban antar relawan PMI juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar. (Nita SR)


Beri Komentar untuk Berita Ini