STTD Sabet Penghargaan Pelayanan Prima Utama Tahun 2016

Senin, 26 September 2016 10:09 am
Bagikan berita ini   
  


Zulmafendi STTD

JAKARTA (Beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi kembali menorehkan prestasi gemilang di tahun 2016. Kampus yang dipimpin Zulmafendi, SE, M.Sc itu meraih prestasi Pelayanan Prima Utama bersama 40 instansi dan lembaga di Kementerian Perhubungan atau 4 unit pelaksana teknis (UPT) di lingkungan BPSDM Perhubungan.

Kementerian Perhubungan memberikan penghargaan Pelayanan Prima kepada 117 intansi dan unit pelaksan teknis (UPT) Kemenhub di seluruh Indonesia. Sementara ada empat kampus meraih penghargaan pelayanan prima utama. Mereka adalah kampus transportasi terbaik dari berbagai matra transportasi di Tanah Air.

Penghargaan Pelayanan Prima Utama kepada STTD diserahkan Menhub Budi Karya Sumadi dalam upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2016, Senin (19/9/2016). Penerima penghargaan kategori pelayanan prima khususnya dari BPSDM Perhubungan adalah STTD Bekasi, PIP Makassar, BP3IP Jakarta, dan ATKP Medan.

Ketua STTD Zulmafendi kepada Beritatrans.com di Jakarta, Minggu (25/9/2016) mengatakan, semua itu merupakan prestasi seluruh keluarga besar STTD Bekasi. Tanpa dukungan dan kerja keras seluruh pimpinan, dosen, karyawan serta taruna STTD tak akan bisa meraih prestasi tersebut.

“Penghargaan pelayaan prima utama itu harus menjadikan seluruh civitas akademika STTD untuk bekerja makin baik serta melayani masyarakat dan pengguna jasa dengan lebih baik pula,” kata Zulma, sapaan akrab dia.

Sebagai lembaga pendidikan matra darat, lanjut putra Minang itu, STTD bertekad untuk menghasilkan lulusan diklat transportasi darat yang terbaik. Mereka adalah sosok perwira yang terampil, tangguh dan mumpuni serta sangguh menghadapi tugas dan tantangan yang makin berat.

“Taruna apalagi perwira lulusan STTD harus mempunyai kriteria yang prima fisiknya, professional kerjanya dan beretika yang baik. Dan ditambah lagi, mempunyai budaya melayani yang baik kepada seluruh pengguna jasanya,” tukas Zulma.

Taruna Program Pembibitan

Untuk meningkatakan kinerja dan kualitas diklat di STTD, salah kampus BPSDM Perhubungan ini menjalin kerja sama dengan beberapa Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di bidang pengembangan SDM transportasi darat.

“Pemda mengirimkan SDM terbaik dari daerahnya untuk diseleksi dan mengikuti program pendidikan di STTD. Setelah lulus mereka dikembalikan ke daerah asalnya untuk membangun system dan pelayanan transportasi darat yang baik,” papar Zulma.

Program pembibitan ini dulu dikenal dengan istilah program ikatan dinas, dilakukan Kampus STTD sejak dua tahun silam. Tercatat sekitar 54 Pemda mengirimkan putra daerahnya untuk belajar di Kampus STTD dengan biaya ditanggung APBD setempat.

“Mereka sepakat, setelah lulus siap merekrut dan mempekerjakan mereka di instansi yang dipimpinnya khususnya yang berkaitan dengan transportasi di daerah,” tukas Zulma.

Kerja sama pembibitan taruna di STTD, tambah Zulma diharapkan mampu meningkatkan kualitas diklat sekaligus tingkat penyerapan mereka setelah lulus nanti.

“STTD siap mendidik dan menyiapkan taruna dengan kompetensi tinggi sesuai kebutuhan di lapangan. Pemda berkontribusi dengan membiayai pendidikan mereka serta menyerap mereka setelah lulus kelak. Tingkat penyerapan alumni STTD makin tinggi bahkan dipesan dan dipersiapkan bersama pemda sejak dari kampus,” terang Zulma.

Kepala BPSDM Perhubungan Dr. Wahju Satrio Utomo menyambut gembira prestasi dan penghargaan yang diterima beberapa kampus transportasi termasuk STTD Bekasi itu. Selamat dan penghargaan setinggi-tinggi atas kinerja dan prestasi UPT yang meraih penghargaan pelayanan prima tahun 2016.

“Penghargaan ini semoga menginspirasi UPT lain untuk bekerja lebih baik. Sementara, bagi para penerima penghargaan diminta bisa mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja dan pelayanan di masa mendatang,” tandas Tommy, sapaan akrab dia.(helmi)


Beri Komentar untuk Berita Ini