STTD LAKSANAKAN TES SAMAPTA DAN WAWANCARA

Rabu, 29 Agustus 2018 09:08 pm
Bagikan berita ini   
  


Sekolah Tinggi Transportasi Darat mulai melaksanakan tes wawancara dan samapta pada hari Selasa, 28 Agustus 2018. Tes ini akan berlangsung selama tiga hari sampai dengan  Kamis, 30 Agustus 2018. Jumlah calon taruna yang terdaftar dalam tes wawancara dan samapta di STTD kali ini sebanyak 697 orang.

 

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Darat, Popik Montanasyah, berkesempatan hadir pada hari pertama tes di STTD dan turut mewawancarai beberapa calon taruna. Hal ini menjadi istimewa karena lazimnya Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Darat datang ke lokasi tes sekedar untuk meninjau jalannya tes wawancara dan samapta.

 

Pada tahap ini seluruh peserta terbagi ke dalam beberapa regu dan mendapatkan jadwal tes yang berbeda-beda. Pelaksanaan tes wawancara dan samapta diatur sedemikian rupa sehingga keduanya bisa selesai diikuti oleh setiap peserta tes dalam satu hari. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan kepada para calon taruna, terutama bagi mereka yang berasal dari daerah atau luar kota.  Pada tes wawancara, calon taruna akan berhadapan dengan dua pewawancara yang terdiri dari dosen atau pejabat struktural. Mereka akan mendapatkan beberapa pertanyaan dari para interviewer. Sedangkan pada tes samapta, ketangguhan fisik dan ketangkasan dari seluruh calon taruna akan diuji. Mereka menjalani tes fisik berupa lari, push up, dan shit up.

Standar penilaian tes wawancara dan samapta telah dikeluarkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan. Dengan adanya standar penilaian tersebut, diharapkan hasil yang diperoleh bisa lebih adil dan obyektif.

 

Annida Nurul Efriza, calon taruna asal Anyer, mengaku awalnya sempat merasa tegang sebelum tes. Tapi pada saat masuk ruang wawancara, dia mulai bisa menguasai diri dan berkonsentrasi. Menurutnya, tidak ada kendala yang berarti pada tes wawancara ini karena dia telah mempersiapkan diri jauh-jauh hari.  Lain lagi dengan Rendy Yulizar. Calon taruna asal Depok ini merasa tertantang pada saat diminta oleh pewawancara untuk melakukan perkenalan dengan bahasa Inggris. “Di situ menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk bisa menjawab dengan benar,” ujarnya sambil tersenyum penuh percaya diri. Keduanya merasa yakin bisa lolos tahap terakhir Seleksi Penerimaan Calon Taruna di STTD. “Kalau saya yakin lolos, Allah akan memberikan apa yang sesuai dengan keyakinan saya,” ujar Annida optimis.

 

Tes samapta dan wawancara merupakan Penentuan Tahap Akhir (Pantukhir) atau tahap terakhir dari seluruh rangkaian Seleksi Penerimaan Calon Taruna. Sebelumnya para pendaftar telah melalui empat tahapan pendahulu yaitu Seleksi Administrasi Online, Seleksi Kompetensi Dasar, Tes Potensi Akademik, dan Psikotes. Pengumuman akhir rencananya akan dirilis pada 5 September 2018 di website resmi Sipencatar. (Rhm)


Beri Komentar untuk Berita Ini