KUNJUNGAN AKADEMIS TIM PATROLI KEAMANAN SEKOLAH (PKS) MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 KOTA MAGELANG KE SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT

Senin, 07 November 2016 04:11 pm
Bagikan berita ini   
  


Dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan mengenai transportasi jalan, Tim Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Magelang melakukan kunjungan akademis ke Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). Kunjungan ini dilakukan pada hari Sabtu, 5 November 2016 mulai jam 08.00 sd 11.00 wib. Kunjungan ke STTD merupakan rangkaian kegiatan kunjungan Tim PKS MAN 1 Kota Magelang selain ke RTMC Polda Jawa Tengah dan NTMC Polri. Rombongan berjumlah 52 orang yang terdiri dari 45 siswa, 3 orang pendamping dari pihak sekolah, 1 orang dari Dinas Perhubungan Kota Magelang, 1 orang dari Polda Jateng dan 2 orang dari Polres Kota Magelang.

Rombongan berangkat dari Magelang pada hari Jumat, 4 November 2016 dan tiba di STTD hari Sabtu pukul 07.45 wib setelah menyempatkan diri sarapan pagi di Sop Ayam Pak Min, Kalimalang, Bekasi. Rombongan diterima oleh Kabag Administrasi Akademik dan Ketarunaan STTD, M. Nurhadi, ATD, MT beserta jajarannya di Ruang Rapat Rektorat STTD Lt. 2. Setelah kata sambutan dari pihak STTD dan MAN 1 Kota Magelang, dilanjutkan dengan melihat video dan paparan mengenai Profil STTD selama kurang lebih 30 menit yang ditutup dengan sesi tanya jawab.

KUNJUNGAN PKS MAN 1 MAGELANG

Setelah pemaparan profil STTD, rombongan dengan didampingi langsung oleh Kabag Administrasi Akademik dan Ketarunaan bergerak ke jurusan D-IV Transportasi Darat. Rombongan langsung menuju ruang Area Traffic Control System (ATCS) yang digunakan untuk memantau kondisi arus lalu lintas di beberapa simpang di Kota dan Kab. Bekasi. Ruang kendali (control room) yang ada di STTD terhubung langsung dengan ruang kendali yang dimiliki Dishub Kota dan Kab. Bekasi, namun sifatnya hanya untuk pemantauan dan tidak diberi otoritas untuk merubah setting Traffic Light.

KUNJUNGAN PKS MAN 1 MAGELANG

Kurang lebih 20 menit di Jurusan Transdar, rombongan melanjutkan perjalanan ke Jurusan D-III Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ). Di sini, Pak Sumantri W. Praja, MSc selaku instruktur mengajak para siswa masuk ke ruang Simulator mengemudi Bus dan Truk. Simulator ini digunakan untuk mengetahui karakteristik/perilaku pengemudi, misalnya dalam menyalip, membelok, dan berhenti pada berbagai kondisi. Para siswa sangat antusias bahkan beberapa siswa sempat mencoba simulator mengemudi tersebut.

kunjungan_pks3

Setelah kunjungan ke Jurusan LLAJ, rombongan bergerak ke Jurusan Perkeretaapian. Di sini, Sekjur D-III Perkeretaapian, Uriansyah Pratama, MM menyambut rombongan dan menyampaikan arahan singkat tentang kegiatan di Lab KA. Selanjutnya rombongan diajak melihat ruang persinyalan KA, baik yang masih manual maupun yang sudah computerized. Di sini para siswa mencoba alat pemindah jalur (wessel) yang terhubung langsung dengan rel KA yang terletak di samping jurusan KA. Dari ruang persinyalan, para siswa diajak melihat miniatur jaringan KA yang dilengkapi dengan mini stasiun dan perlintasan sebidang. Miniatur ini digunakan oleh para taruna STTD untuk belajar mengatur dan mengendalikan pergerakan KA. Selanjutnya rombongan bergerak menuju ruang simulasi Listrik Aliran Atas (LAA) KRL dengan voltase yang sama. Lab ini digunakan oleh para taruna untuk mempelajari sistem penggerak Kereta Listrik (KRL) yang beroperasi di Jabodetabek. Setelah sempat mencoba gerbong Kereta dengan skala 1 : 1, akhirnya sampailah para siswa ke ruang simulator Lokomotif. Di sini, para siswa mencoba berperan sebagai masinis yang mengemudikan kereta api pada berbagai situasi. Dengan ukuran yang aktual, para siswa merasakan seperti mengemudikan kareta api secara nyata.

KUNJUNGAN PKS MAN 1 MAGELANG

Setelah mencoba laboratorium Transdar, LLAJ dan KA, rombongan akan melanjutkan perjalanan ke NTMC Polri. Selama kunjungan ke berbagai fasilitas STTD, para siswa dan juga pendamping sangat antusias dan kagum dengan fasilitas transportasi yang dimiliki STTD. Bahkan banyak di antaranya yang akan mencoba testing masuk STTD setelah lulus. Sebelum melanjutkan perjalanan, seluruh siswa dan pendamping berfoto di gerbang utama STTD.

(Red : Novan)


Beri Komentar untuk Berita Ini