KAI Prioritaskan Rekrutmen Pegawai Dari Taruna Dan Lulusan STTD

Selasa, 19 Juli 2016 10:07 am
Bagikan berita ini   
  


KAI-sttd1-553x400

BEKASI (Beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi menjadi kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dibidang rekrtumen pagawai. KAI memberikan prioritas utama kepada taruna dan alumni STTD untuk mengisi kebutuhan masinis dan kondektur di KAI.

“Proses rektutmen calon pegawai dilakukan manajemen KAI, Senin (18/7/2016). Rekrutmen yang diawali dengan test psikologi dilakukan hari ini bertempat di Auditorium Giri Soeseno Hadijardjono, Kompleks STTD Bekasi,” kata Kabag Administrasi Akademik dan Ketarunaan STTD Muh Nurhadi, ATD, MT, MM kepada Beritatrans.com di kantornya, Bekasi, Senin.

Menurutnya, sebanyak 165 taruna senior dan alumni STTD dari berbagai program studi (prodi) ikut mendaftarkan ikut rekrutmen calon pegawai BUMN KAI itu. “Tapi, sampai pelaksanaan test psikologi, hanya 159 orang yang hadir mengikuti test psikologi. Sisanya mengundurkan diri karena berbagai alasan,” kata Nurhadi lagi.

Proses seleksi calon pegawai mulai test psikologi, tes wawancara dan kesehatan serta kesamaptaan nanti akan dilakukan secara mandiri oleh tim KAI. “Kampus STTD hanya memfasilitasi dan menyediakan tempat seleksi ini. Tim seleksi mulai tes psikoligi, materi tes dan kriteria kelulusan semua ditangani oleh Tim KAI,” jelas Nurhadi lagi.

Dalam pembicaraan awal antara STTD dengan KAI, menurut pejabat STTD itu, pihak KAI membutuhkan sekitar 5.000 orang sampai tahun 2018 mendatang. Mereka itu akan ditempatkan di posisi sebagai masinis dan kondektur yang akan dioperasikan di berbagai daerah di Indonesia.

“Berdasarkan pengalaman selama ini, banyak alumni STTD yang bekerja di Kai dan mempunyai kinerja dan pengabdian yang bagus. Oleh karena itu, manajemen KAI berinisiatif memberikan prioritas pada taruna dan alumni STTD untuk bisa mengisi kebutuhan SDM di KAI itu,” papar Nurhadi.

Kalau mampu, tambah Nurhadi, KAI minta seluruh kebutuhan SDM-nya diambil dari para taruna dan aumni STTD. Tapi, realitas yang ada tak memungkinkan bagi STTD memenuhi semua itu.

KAI - sttd2

Buka Rekrutmen Untuk Umum

“Oleh karena itu, sejak tanggal 14 Jui 2016 kemarin, pihak KAI juga membuka rekturmen bagi alumni perguruan tinggi umum di Tanah Air. Mereka juga mempunyai kesempatan untuk masuk dan diterrima sebagai karyawan BUMN KAI,” urai Nurhadi.

Yang jelas, STTD mendapatkan prioritas utama untui mengisi kebutuhan SDM di KAI. “Peluang ini akan dimanfaatkan bagi Kampus STTD untuk menyiapkan dan mengisi formasi SDM di KAI. Kampus STTD harus memanfaatkan peluang ini dan membuktikan bahwa alumninya bisa bekerja dengan baik sesuai kebutuhan di KAI,” terang Nurhadi.

Dia menambahkan proses seleksi KAI ini akan dilakukan secepatnya. Tes wawancara dan kesamapitaan akan dilakukan oekan depan.Tim Kai siap bekrja optimal dan menyelesaikan rekrutmen calon pegawai dari taruna dan alumni STTD bisa selesai sesuai target.

“Targetnya, tanggal 1 Agustus 2016 sudah selesai dan teken kontrak rekrutmen. Jadi, bagi taruna senior STTD yang ikut test dan lulus, mereka sebelum wisuda terpadu September 2016, mereka sudah diterima bekerja di KAI,” tegas Nurhadi.(helmi)

 

Sumber: http://beritatrans.com/2016/07/18/kai-prioritaskan-rekrutmen-pegawai-dari-taruna-dan-lulusan-sttd/


Beri Komentar untuk Berita Ini