Dirjen Perhubungan Darat Buka Forum Transit X di Yogyakarta

Rabu, 11 November 2015 04:11 pm
Bagikan berita ini   
  


YOGYAKARTA – Pada Rabu (21/10), Direktur Jenderal Perhubungan Darat, DR. Djoko Sasono, M.Sc., membuka Pertemuan Forum Transit X yang diselenggarakan di Hotel Grand Tjokro, Jalan Gejayan No.37, Yogyakarta. Acara pembukaan forum ini turut dihadiri pula oleh Direktur Bina Sistem Transportasi Perkotaan (BSTP) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jujun E. Wahjuningrum, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Setda DIY (mewakili Gubernur DIY), Dr. Ir. Didi Purwadi, MSc., dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DIY, Sigit Haryanta.

Pertemuan Forum Transit ini merupakan salah satu sarana kooordinasi, monitoring, dan evaluasi antar seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan Bus Rapid Transit (BRT). Pertemuan yang berlangsung selama 3 hari ini akan diisi dengan pemaparan tentang penyelenggaraan angkutan umum massal berbasis jalan oleh perwakilan kota yang telah menerapkan BRT, seperti : DKI Jakarta, Kota Semarang, dan Kota Padang, dan pemaparan tentang rencana penyelenggaraan angkutan umum massal berbasis jalan oleh perwakilan kota yang akan menerapkan BRT, seperti : Kota Banda Aceh, Kota Mataram, dan Kota Sorong.

Selain itu, Pertemuan Forum Transit X ini akan diisi pula oleh berbagai paparan, yaitu : paparan mengenai Dukungan Kebijakan di Bidang Penyediaan Prasarana Jalan dalam Mengembangkan Angkutan Massal Berbasis Jalan oleh Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, paparan mengenai Tinjauan dan Antisipasi Permasalahan Aspek Sosial Kemasyarakatan dalam Pengembangan Angkutan Perkotaan (BRT) oleh Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), paparan mengenai Dukungan Kebijakan Korlantas Polri dalam Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Milik Pemerintah dan BUMN/BUMD yang akan Digunakan sebagai Angkutan Umum oleh Korlantas Polri, dan paparan Kebijakan dan Implementasi APBN dan APBD untuk PSO dan Subsidi Angkutan Perkotaan oleh Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan.

Dirjen Perhubungan Darat Djoko Sasono pada kesempatan membuka Forum Transit X ini berharap melalui pertemuan ini agar dapat diinventarisir berbagai permasalahan terkait pengembangan angkutan massal. “Forum pertemuan yang menghadirkan para narasumber yang kompeten di bidangnya ini diharapkan dapat merumuskan solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut,” ujar Djoko. “Melalui forum pertemuan ini, diharapkan akan tercapai sasaran pengembangan sistem BRT dan tercapainya pelayanan angkutan perkotaan yang lebih baik dari segi pelayanan, keamanan, kenyamanan, ketepatan jadwal perjalanan, serta keterjangkauan secara ekonomi oleh seluruh lapisan masyarakat,” lanjutnya.

Forum Transit yang telah berlangsung kesepuluh kalinya ini diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai instansi terkait seperti : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Perindustrian, BPPT, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Dinas Perhubungan Provinsi seluruh Indonesia, Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota, Badan Layanan Umum/Operator BRT , PT Damri, dan beberapa Perguruan Tinggi/Lembaga. (RS)


Beri Komentar untuk Berita Ini